iklan

Iklan

TAK HANYA BUMBU DAPUR, TERNYATA INI MANFAAT KETUMBAR BAGI KESEHATAN

300x600 adsense
336x280 adsense
Ketumbar adalah salah satu rempah yang wajib ada di dapur karena merupakan salah satu bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia. Selain memperkaya rasa masakan, ternyata ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak informasi tentang manfaat ketumbar, cara menggunakan, dan efek sampingnya di sini!
TAK HANYA BUMBU DAPUR, TERNYATA INI MANFAAT KETUMBAR BAGI KESEHATAN

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
Manfaat ketumbar sebagai bumbu dapur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Faktanya, beberapa jenis bumbu dapur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, hal ini ternyata berlaku juga untuk ketumbar. Selain bermanfaat sebagai penyadap rasa, ketumbar juga bisa membantu berbagai masalah tubuh terkait dengan kesehatan dan kecantikan.

Penasaran apa saja manfaat ketumbar? Berikut adalah 10 di antaranya yang paling populer!
1. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat ketumbar yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Perawatan rutin menggunakan ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Kandungan antioksidan yang ada dalam biji ketumbar dipercaya dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Manfaat ketumbar yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ketumbar memiliki sifat anagetik sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena salah satu penyabab utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

3. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri
Selain dapat mengatasi infeksi bakter, manfaat ketumbar lainnya adalah dapat mengatasi infeksi akibat jamur. Manfaat ini memmbuat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur.

4. Baik untuk penderita diabetes
Manfaat ketumbar selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Rempah yang memiliki kandungan serat tinggi ini ternyata dapat bekerja menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin untuk mengetahui efektivitas penggunaan ketumbar ini.

5. Mengatasi wasir
Manfaat ketumbar lainnya adalah untuk mengatasi wasir. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar ampuh untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab dari wasir. Selain melancarkan buang air besar, sifat analgesik dari ketumbar juga mungkin dapat meredakan nyeri akibat wasir.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Ketumbar juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini lah yang membuat munculnya pernyataan tentang manfaat rebusan ketumbar untuk jantung. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

7. Meringankan nyeri sendi
Meringankan nyeri sendi juga diklaim sebagai salah satu manfaat ketumbar. Manfaat satu ini masih berhubungan dengan sifat analgesik dan kandungan asam linoleat dari ketumbar. Selain meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dipercara dapat meringankan sakit akibat hernia. Namun manfaat ini kemungkinan hanya sekedar untuk meringankan gejala saja, bukan untuk mengatasi penyabab utama penyakit.

8. Mengatasi batuk dan pilek
Ketumbar juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi batuk dan pilek. Manfaat ketumbar satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

9. Menjaga kesehatan kulit
Ketumbar juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Antibakteri dalam ketumbar mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak, meremajakan kulit, hingga mencerahkan kulit. Ketumbar juga tentunya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

10. Manfaat ketumbar untuk rambut lebih lebat
Selanjutnya terdapat juga manfaat ketumbar untuk rambut. Ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Jadi selain mencoba kemiri yang sudah sering digadang-gadang sebagai rempah yang baik untuk rambut, sekarang Anda juga bisa mencoba ketumbar dan melihat sendiri efeknya pada rambut Anda.


Cara Menggunakan Ketumbar:

Cara menggunakan ketumbar sebagai obat herbal adalah dengan cara meminum air rebusannya. Cara lainnya adalah dengan cara menambahkan ketumbar dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan.

Konsumsi ketumbar harus dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Jika ingin benar-benar menggunakannya sebagi obat herbal, sebaiknya konsultasikan dulu sebelumnya dengan dokter dan ahli herbal.
Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Mengonsumsi Ketumbar?
Banyak yang bertanya-tanya tentang manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan menyusui. Sebagian menyatakan bahwa ketumbar lebih baik dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, tapi ada juga yang menyatakan bahwa ketumbar banyak digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.



Ternyata manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan menyusuai memang ada, tapi bukan berasal dri biji ketumbar, melainkan dari daun ketumbar yang memiliki kandungan asam folat. Penggunaan biji ketumbar sebagai obat herbal memang tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur masih diperbolehkan.

Efek Samping Ketumbar
Tidak semua orang dapat mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal, salah satunya ibu hamil dan menyusui seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, terdapat juga beberapa kondisi lain yang membuat seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi ketumbar seperti penderita penyakit hati, penderita gangguan pernapasan, pemilik kulit sensitif, dan orang yang alergi terhadap ketumbar.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan ketumbar adalah seperti mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Sedangkan pada orang yang hipersensitif pada ketumbar maka akan muncul gejala alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair, dan reaksi alergi lainnya.

Sebagian dari manfaat ketumbar di atas telah dibuktikan secara ilmiah, tapi sebagian lagi juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Efek penggunaannya pada setiap orang juga berbeda-beda. Maka dari itu, penggunaan sebagai obat herbal harus dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur relatif aman untuk dilakukan.
336x280 adsense dan 300x250 adsense

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAK HANYA BUMBU DAPUR, TERNYATA INI MANFAAT KETUMBAR BAGI KESEHATAN"

Posting Komentar

STAY WITH US